Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Relasi dan Fungsi

Isi Artikel Utama

Siti Shafira Novianti
Tika Karlina Rachmawati

Abstrak

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan untuk memahami konsep harus diutamakan bagi siswa untuk secara efektif memahami dan menerap kan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menjelaskan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kota Bandung terkhusus materi relasi dan fungsi dalam memecahkan soal matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan dari riset deskriptif kualitatif adalah untuk memberikan gambaran yang komprehensif dan mendalam tentang realitas yang sedang terjadi. Riset ini bertujuan untuk mengenali kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terkhusus pada materi relasi dan fungsi.Dari beberapa indikator pemahaman konsep matematis, masih banyak siswa yang belum bisa mencapai indikator menyatakan ulang konsep dan mengklarifikasikan objek-objek berdasarkan konsep. Berdasarkan temuan yang didapatkan dilapangan, pada riset yang dilakukan pada siswa SMP Kelas VIII mengenai materi relasi dan fungsi masih terdapat banyak sekali siswa yang kemampuan pemahaman konsepnya dalam kategori sangat kurang dengan rata-rata kemampuan siswa 35,67%. Hal ini dapat dilihat dari ketiga indikator pemahaman konsep, kelompok sedang dan tengah belum mampu mencapai indikator tersebut dalam mengaitkan berbagai konsep

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Maju, 8(2), 9–16.

Astuti, A., & Leonard. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif, 2(1), 102–110. https://doi.org/10.1016/0749- 6036(91)90087-8

Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam dalam Undang-undang Sisdiknas 2003. Kependidikan, II(1), 71– 85.

Novitasari, L., & Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik, Matematika, Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI., 758–766.

Rahmawati, N.D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17 – 32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579

Ruhama, M. A. ., Hairun, Y., & Bani, A. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate pada materi persamaan linear satu variabel. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(2), 118–133

Yanala, NC, Uno, HB, & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Jurnal Pendidikan Matematika , 2 (2), 50-58.