Analisis Kesulitan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Kuadrat
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisa dan mendeskripsikan kesukaran siswa SMK dalam menyelesaikan soal materi fungsi kuadrat. Terdapat 3 subjek penelitian, yaitu 3 siswa kelas X salah satu SMK di Bandung yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Adapun indikator kesukaran yang digunakan pada penelitian ini diantaranya adalah kesukaran memahami soal, kesukaran menerapkan konsep, dan kesukaran perhitungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dari penelitian ini ditunjukkan hasil bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi ataupun sedang tidak menjamin tak mempunyai kesukaran dalam menyelesaikan soal. Masing-masing siswa yang memiliki kriteria kemampuan tinggi, sedang, ataupun rendah sama-sama memiliki kesukaran dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Alisuf, Sabri M. (1995) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Dalyono, 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesukaran siswa dalam
menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.
Dwi, D. F., & Audina, R. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 94-106.
James.; James., (1976), Mathematics Dictionary 4th edition. New York, Van Nostrand Reinhold.
Mulyono Abdurrahman, Op.cit, hal. 262
Sugilar, H., Kariadinata, R., & Sobarningsih, N. (2019). Spektrum Symbol dan Structure Sense Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 37-48. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp37-48
Umairoh, H. L. (2018). Kesukaran Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Fungsi Kuadrat. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Utamy, Chintya. 2013. Analisis Kesukaran Peserta Didik Dalam Memahami Konsep Materi Fungsi Kuadrat Serta Alternatif Pemecahannya Di Kelas X 1 SMA Negeri Karangnunggal Tahun Ajaran 2012-2013. Diakses pada 16 Oktober 2017, dari https://www.academia.edu/