Studi Resiliensi Matematis dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Statistika Penelitian pada Mahasiswa Pendidikan Matematika

Isi Artikel Utama

Nida Komalasari
Ida Nuraida

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah resiliensi matematis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Statistik Penelitian Pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penyebaran kuesioner model skala LIkert dilakukan pada penelitian ini sebagai teknik pengumpulan data. Pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji regresi linier sederhana sebagai teknik analisis data. Penelitian ini menggunakan STATA (statistik dan data) versi 17 sebagai program pengolah data untuk mengukur kemampuan reiliensi matematis siswa yang diukur melalui hasil dari kuesioner skala Likert. Sample penelitian ini terdiri dari 30 siswa yang belajar matematika di semester genap pada tahun akademik 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi matematis dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika Penelitian Pendidikan dipengaruhi secara signifikan, dengan pengaruh besar sebesar 0,1810, atau 18,10%. Sementara itu, yaitu variabel lain memengaruhi hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika Penelitian Pendidikan sebesar 81,90%

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles