Pengaruh Self Confidence terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Kalkulus Diferensial pada Mahasiswa Pendidikan Matematika
Isi Artikel Utama
Abstrak
Hasil belajar menjadi sebuah tolak ukur keberhasilan dari sebuah proses pembelajaran. Banyak faktor yang dapat menjadi pengaruh terhadap sebuah hasil pembelajaran salah satunya adalah self confidence. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah ada pengaruh self confidence terhadap hasil belajar mata kuliah kalkulus diferensial pada mahasiswa pendidikan matematika Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode korelasional. Populasi penelitian ini ialah mahasiswa semester 2 salah satu prodi pendidikan matematika di Bandung sebanyak 170 orang. Peneliti memilih sampel sebanyak 46 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan metode kuesioner (angket). Teknik analisis data dilakukan dengan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi STATA versi 17. Hasil penelitian membuktikan bahwa self confidence tidak berpengaruh secara signifikan atau hanya berpengaruh sebesar 5,33% terhadap hasil belajar kalkullus diferensial sedangkan 94,67% merupakan persentase pengaruh faktor lainnya
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.