Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Nilai Akhir Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap nilai mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matemetika salah satu perguruan tinggi di Bandung semester VI sebanyak 160 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah 33 mahasiswa dengan menggunkan teknik Sample Ramdom Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji normalitas, uji linieritas, uji keofisien determinan, dan uji hipotesisi. Perangkat lunak yang digunakan adalah STATA versi 17. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh yang diberikan oleh disposisi matematis terhadap nilai mata kuliah kalkulus peubah banyak yaitu sebesar 0,3% sedangkan sisanya yaitu 99,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hal itu menunjukkan bahwa disposisi matematis tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann’s Error Analisis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 121–134.
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100.
Fitriani, P., & Nopriana, T. (2019). Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 124–132.
Izzati, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Geometri Bidang Datar Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2), 33–40.
Lestari, F. (2022). Pengaruh Disposisi Matematis Mahasiswa pada Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 145–156.
Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. Y. (2022). Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 349–358.
Nasution, A. S., & Ramadhani, R. P. (2020). DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIAKAN SOAL GEOMETRI TRANSFORMASI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN, 3(1), 39–44.
Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk: Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11.
Rasid, P., Bakar, M. T., & Tonra, W. S. (2021). Analisis Kemampuan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Program studi Matematika pada Mata Kuliah Aljabar. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(2).