Pengaruh Konsep Diri terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII salah satu MTs di kabupaten Subang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi skala konsep diri dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan teknik regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan hasil belajar matematika siswa. Analisis data deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor konsep diri siswa termasuk dalam kategori tertinggi. Skor terendah yang diperoleh adalah 47, sedangkan skor tertinggi mencapai 62, dengan standar deviasi sebesar 3,957. Untuk hasil nilai matematika, skor terendah adalah 75 dan skor tertinggi adalah 85, dengan standar deviasi sebesar 4,954. Terdapat hubungan linier antara konsep diri dan nilai matematika siswa. Dengan demikian, konsep diri siswa memiliki peran penting dalam mempengaruhi hasil belajar matematika mereka. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang penting bagi pendidik dan pembimbing dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk memperhatikan dan mengembangkan konsep diri siswa, seperti meningkatkan keyakinan diri dan pemahaman akan kemampuan matematika mereka
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. BPR Bank Jombang. 50–66.
umrah, J., & Anggriani, S. (2022). Pengaruh Self-Confidence terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 89–95.
Patimbangi, A., & Hendi, F. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP YP PGRI 4 MAKASSAR. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 17(2), 615–625. https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i2.118
Saptutyningsih dan setyaningrum. (2019). Metode Penelitian. Metoda penelitian, 1–9.
Sopyan, R., Dewi, M. K., Fauzan, G. A., & Bernard, M. (2019). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Konsep Diri (Self Concept) Siswa Smp Di Era Milenial. Journal on Education, 2(1), 45–42. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/255
Susilo, G., & Pertiwi, A. B. W. S. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP di Balikpapan. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 21–34. https://doi.org/10.38114/riemann.v3i1.128