PENTINGNYA TEORI ETIKA DEONTOLOGI DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PEMASOK BISNIS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran teori etika deontologi dalam membentuk hubungan yang etis dan berkelanjutan dengan pemasok bisnis serta untuk menjelaskan manfaat jangka panjang dari penerapan prinsip-prinsip deontologi dalam konteks bisnis. Metodologi menggunakan pendekatan studi kasus dan analisis kualitatif, melalui analisis literatur dan studi kasus, artikel ini mengilustrasikan bagaimana prinsip- prinsip deontologi, seperti kejujuran, integritas, dan penghormatan terhadap kontrak, dapat membantu membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pemasok. Penggunaan deontologi sebagai kerangka kerja etika bisnis membantu perusahaan untuk menghindari perilaku yang merugikan pemasok, seperti pelanggaran kontrak atau penipuan.Dalam konteks globalisasi bisnis, di mana pemasok sering berasal dari berbagai budaya dan norma, teori etika deontologi memberikan landasan universal yang dapat membantu perusahaan memahami dan menjalani prinsip-prinsip moral yang tidak dapat ditawar. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa penerapan deontologi dalam hubungan bisnis dengan pemasok tidak hanya mendukung prinsip-prinsip etika, tetapi juga dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan memperkuat ikatan jangka panjang antara kedua belah pihak.Artikel ini menggarisbawahi bahwa teori etika deontologi bukan hanya relevan dalam etika pribadi, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan dalam konteks bisnis, khususnya dalam membangun hubungan etis yang berkelanjutan dengan pemasok. Penelitian lebih lanjut dan penerapan praktis teori ini akan membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya sambil menjaga integritas etis dalam setiap aspek hubungannya dengan pemasok.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Agoes, S. & Ardana, CI. Etika Bisnis dan Profesi: Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya.
Salemba Empat, Jakarta.2017
Auliyah, R. Perilaku Mahasiswa Akuntansi Sebagai Pebisnis Di Luar Kampus Di Tinjau Dari Teori Etika Bisnis. Neo-Bis, 6(1), 88-101.2017
Benny, B. Implementasi Etika Bisnis Pada PT. Pendawa Polysindo Perkasa. Agora, 5(2).2019 Dewi, C. S. Analisis Penerapan Etika Deontologi Terkait Ketenagakerjaan Pada PT Trisakti
Cipta Nusantara Di Surabaya-Jawa Timur. Agora, 4(2), 294-303.2016
Junaedi, F. Periklanan di Era Digital, Perlunya Etika Deontologi. Jl. Panji Joseno, No 204, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Telp: 082327746890 e-mail: dualimapress@ gmail. com, 1.2022
Keraf, A.S. Etika bisnis tuntutan dan relevansinya. Yogyakarta:2021
Maarip, S. Konsep Etika Murtadha Muthahhari Dan Kritiknya Terhadap Etika Teleologis Dan Etika Deontologis (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 AFI).2023
Ratnawati, T., & Keraf, A. S. Pengertian dan Teori Etika. Jurnal Etika Lingkungan, Universitas Terbuka, Jakarta.2019
Rifa, S. S., Auliyah, R., & Wulandari, A. Pemetaan Perilaku Mahasiswa Ekonomi Ditinjau Dari Perspektif Etika Teleologi (Studi Intepretif). Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto, 1-22.2018
Riofuku, A. Etika pemadam kebakaran: ditinjau dari etika deontologis Immanuel Kant dan etika tanggung jawab Emmanuel Levinas. Dekonstruksi, 9(03), 114-121.2023
Said, D., Junaid, A., Ahmad, H., & Muslim, M. Pengaruh Ideologi Etik dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hubungan Antara Partisipasi dan Senjangan Anggaran. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 787-798.2023
Surajiyo, S. TEORI-TEORI ETIKA DAN PRINSIP ETIKA BISNIS. In SENADA (Seminar
Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 6, pp. 259-265).2023
YULIA, A., Riyanto, R. B., & Priyono, F. X. Penegakan Kode Etik Notaris dalam Kerangka Etika Deontologi (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).2019