PENTINGNYA TEORI ETIKA DEONTOLOGI DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PEMASOK BISNIS

Isi Artikel Utama

Ihsan Muhammad Mutawali Syarawy
Mohamad Rifky Fahreza

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran teori etika deontologi dalam membentuk hubungan yang etis dan berkelanjutan dengan pemasok bisnis serta untuk menjelaskan manfaat jangka panjang dari penerapan prinsip-prinsip deontologi dalam konteks bisnis. Metodologi menggunakan pendekatan studi kasus dan analisis kualitatif, melalui analisis literatur dan studi kasus, artikel ini mengilustrasikan bagaimana prinsip- prinsip deontologi, seperti kejujuran, integritas, dan penghormatan terhadap kontrak, dapat membantu membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pemasok. Penggunaan deontologi sebagai kerangka kerja etika bisnis membantu perusahaan untuk menghindari perilaku yang merugikan pemasok, seperti pelanggaran kontrak atau penipuan.Dalam konteks globalisasi bisnis, di mana pemasok sering berasal dari berbagai budaya dan norma, teori etika deontologi memberikan landasan universal yang dapat membantu perusahaan memahami dan menjalani prinsip-prinsip moral yang tidak dapat ditawar. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa penerapan deontologi dalam hubungan bisnis dengan pemasok tidak hanya mendukung prinsip-prinsip etika, tetapi juga dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan memperkuat ikatan jangka panjang antara kedua belah pihak.Artikel ini menggarisbawahi bahwa teori etika deontologi bukan hanya relevan dalam etika pribadi, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan dalam konteks bisnis, khususnya dalam membangun hubungan etis yang berkelanjutan dengan pemasok. Penelitian lebih lanjut dan penerapan praktis teori ini akan membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya sambil menjaga integritas etis dalam setiap aspek hubungannya dengan pemasok.


 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agoes, S. & Ardana, CI. Etika Bisnis dan Profesi: Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya.

Salemba Empat, Jakarta.2017

Auliyah, R. Perilaku Mahasiswa Akuntansi Sebagai Pebisnis Di Luar Kampus Di Tinjau Dari Teori Etika Bisnis. Neo-Bis, 6(1), 88-101.2017

Benny, B. Implementasi Etika Bisnis Pada PT. Pendawa Polysindo Perkasa. Agora, 5(2).2019 Dewi, C. S. Analisis Penerapan Etika Deontologi Terkait Ketenagakerjaan Pada PT Trisakti

Cipta Nusantara Di Surabaya-Jawa Timur. Agora, 4(2), 294-303.2016

Junaedi, F. Periklanan di Era Digital, Perlunya Etika Deontologi. Jl. Panji Joseno, No 204, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Telp: 082327746890 e-mail: dualimapress@ gmail. com, 1.2022

Keraf, A.S. Etika bisnis tuntutan dan relevansinya. Yogyakarta:2021

Maarip, S. Konsep Etika Murtadha Muthahhari Dan Kritiknya Terhadap Etika Teleologis Dan Etika Deontologis (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 AFI).2023

Ratnawati, T., & Keraf, A. S. Pengertian dan Teori Etika. Jurnal Etika Lingkungan, Universitas Terbuka, Jakarta.2019

Rifa, S. S., Auliyah, R., & Wulandari, A. Pemetaan Perilaku Mahasiswa Ekonomi Ditinjau Dari Perspektif Etika Teleologi (Studi Intepretif). Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto, 1-22.2018

Riofuku, A. Etika pemadam kebakaran: ditinjau dari etika deontologis Immanuel Kant dan etika tanggung jawab Emmanuel Levinas. Dekonstruksi, 9(03), 114-121.2023

Said, D., Junaid, A., Ahmad, H., & Muslim, M. Pengaruh Ideologi Etik dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hubungan Antara Partisipasi dan Senjangan Anggaran. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 787-798.2023

Surajiyo, S. TEORI-TEORI ETIKA DAN PRINSIP ETIKA BISNIS. In SENADA (Seminar

Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 6, pp. 259-265).2023

YULIA, A., Riyanto, R. B., & Priyono, F. X. Penegakan Kode Etik Notaris dalam Kerangka Etika Deontologi (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).2019