ANALISIS PENERAPAN TEORI ETIKA BISNIS TERHADAP BISNIS DIGITAL DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT 5.0

Isi Artikel Utama

Leni Oktaviani
Melia Widiastuti

Abstrak

Beberapa problematika digital bisnis di era modern atau masyarakat 5,0 sangatlah bervariasi. Contohnya permasalahan bisnis atas dasar norma, perilaku, penggunaan atau pemanfaatan seseorang. Perlu dilakukan analisis mengenai masalah tersebut dengan menggunakan perspektif etika dalam dunia bisnis. Etika bisnis mencakup metode pelaksanaan aktivitas bisnis yang sejalan dengan norma-norma yang berlaku. Metode deskriptif yang bersifat kualitatif dari sumber informasi dan problematika bisnis yang terkait, seperti pelanggaran etika transaksi online yang melanggar keadilan, kejujuran dan kepercayaan dalam bisnis digital. Selain itu, penulis menghubungkan etika bisnis dengan beberapa teori bisnis berdasarkan sejarah revolusi bisnis. Sehingga, kita bisa mengetahui apa saja kasus bisnis digital beserta peranannya di era masyarakat 5.0.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agung, Widyani. 2020. ETIKA BISNIS PERSPEKTIF TEORI DAN PRAKTIS. BADUNG

BALI INDONESIA: CV. Noah Aletheia.

Hanun, Sigit Hermawan dan Nur Ravita. 2020. ETIKA BISNIS DAN PROFESI.

SIDOARJO: IndomediaPustaka.

Rezky, Monovatra Predy. 2019. "Generasi Milenial Yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital ( Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia." SEMNAS PASCA SARJANA UNNES ISSN 2686-6404.

Rojko, Andreja. 2017. "Industry 4.0 Concept: Background and Overview." International Journal of Interactive Mobile Technologies.

Santoso, Thomas. 2020. Etika Bisnis. SURABAYA: CV. Pustaka Saga.

Triantoro, Anggi. 2018. "Kajian Etika Bisnis dalam Praktik Bisnis Online di Indonesia Melalui Studi Kasus dari Perspektif penjual, Pembelian, dan Penyedia Layanan Online Markeplace." Institut Teknologi Bogor.