ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS PERSPEKTIF TEORI KEGUNAAN DALAM PERUSAHAAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan artikel ini adalah untuk menyelidiki etika bisnis dari perspektif teori kegunaan atau utilitarianisme baik secara teoritis maupun empiris. Penelitian ini menggabungkan pengetahuan dari studi sebelumnya dan referensi yang relevan untuk memberikan wawasan mendalam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui penelitian dokumenter dan analisis sumber, yang mencakup analisis kualitatif dan perbandingan dengan temuan penelitian sebelumnya serta artikel media yang relevan. Data kemudian diklasifikasikan dan dianalisis sesuai aturan tertulis untuk memahami permasalahan yang relevan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep etika bisnis dalam kerangka teori utilitarian dapat diterapkan pada berbagai aspek bisnis, termasuk pengambilan keputusan dan tanggung jawab sosial perusahaan.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Ahmad, Syafiq. "Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Pandangan Islam." Jurnal El- Faqih, 2019.
Benny. "IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS PADA PT. PENDAWA POLYSINDO PERKASA." 2017:
-131.
Crane, A, and D Matten. "Business Ethics: Managing Corporate Citizenship and Sustainability in the Age of Globalization." 2016.
Dini, Zikry, and Rozi. "Etika Bisnis dalam Perspektif Sunnah Nabi." 2023.
Harrison J, S, and Freeman R. "Busniness Ethics: Stakeholder and Issues Management Approach." 2019. Hasoloan, Aswand. "Peranan Etika Bisnis dalam Perusahaan Bisnis." Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 2018: 1-10.
Moh, Muslim. "Urgensi Etika Bisnis si Era Global." n.d.: 150.
Velasquez, M, C Andre, T Shank, and M Meyer. "Business Ethics: Concepts and Cases." 2017.