FIQH LEMBAGA BISNIS SYARIAH

Isi Artikel Utama

Nuri Nurul H
Trimas Arya P
Zahra Yasmin
Setia Mulyawan
Eva Novita Pratiwi

Abstrak

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat urgensi mengenai pembahasan ilmu fikih sangatlah relevan dengan keadaan masyarakat pada saat ini. Adapun yang menjadi pokok pembahasannya adalah mengenai fikih lembaga bisnis syariah. Jurnal ini akan membahas lebih lanjut mengenai konsep fiqh lembaga bisnis syariah yang terdiri dari fiqh pariwisata syariah, fiqh hotel syariah, fiqh rumah sakit syariah, dan fiqh pemasaran syariah. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, dimana mengumpulkan sumber dari berbagai bahan bacaan seperti buku, jurnal, dan artikel. Hasil yang didapatkan dari penulisan jurnal ini menunjukan bahwa penting untuk menerapkan konsep ilmu fiqh dalam menjalankan lembaga bisnis agar tetap sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariah yang belandaskan pada Al-Quran dan Hadits. Diharapkan jurnal ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber dalam kepenulisan berikutnya, dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alibia, A. (2022). Konsep Hotel Syariah Dalam Perspektif Fiqh Islam Kontemporer. Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 1-12.

Alwi, M., & Sugianto, S. (2023). Pelaksanaan Akad Ijarah Dalam Sewa-Menyewa Kamar Hotel Pada Hotel Syariah Al-Jayri Medan. Al-Mutazim: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah.

Astuti T. (2022). Etika Bisnis Islam (Kasus-kasus Kontemporer). Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Perss.

Chookaew,S., chanin O.,Charatarawat, J., Sriprasert, P. & Nimpaya, S. (2015). Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulfin. Journal of Economics, Business and Management.

Gaffar. (2007). Vanessa, CRM Dan MPR Hotel (Customer Relationship Management and Marketing public Relations). Bandung: Alfabeta.

Hafsah. (2013). Pembelajaran Fiqh. Bandung: Ciptapusaka Media Perintis.

Huda, Nurul dkk. (2017). Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Depok: Kencana.q

Ihwanudin, Nandang dkk. (2022). Etika Bisnis dalam Islam: Teori dan Aplikasi. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Janitra, M. R. (2021). Hotel Syariah: Teori dan Praktek-Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.

Kartajaya, H., Sula, M. S. (2006). Syariah marketing. Bandung: Mizan Pustaka.

M Fauzi dan Ahmad B. (2021). Fikih Bisnis Syariah Kontemporer. Jakarta: KENCANA.

M Yazid Afandi. (2009). Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Mandalia, S. (2023). Pengantar Bisnis dan Industri Pariwisata Syariah. Yogyakarta: K-Media. Masse R A. (2015). Fiqih Ekonomi dan Keuangan Syariah: Antara Realitas dan Kontekstual. Yoyakarta:TrustMedia Publishing.

Misno, A. (2018). Analisis Praktik Pariwisata Syariah Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02).

Parakkasi, Idris. (2020). Pemasaran Syariah Era Digital. Bogor: Penerbit Lindan Bestari.

Rusby Zulkifli. (2015). Lembaga Keuangan Syariah. Pekanbaru Riau: Pusat Kajian Pendidikan Islam FAI UIR.

Sa’adah, Haqiqotus. Konsep Rumah Sakit Syariah dalam Transformasi Ekonom Syariah: Jurnal Ekonomi Syariah. Vol 1 No 2, 2022, 162-170.

Sari, Diana. Rivani. Rani Sukmadewi. (2021). Dasar Pemasaran Syariah: Memahami Konsep Karakteristik, Strategi Pemasaran dan Pemasar Syariah.

Siswanto, Agus dkk. (2020). HRD SYARIAH TEORI DAN IMPLEMENTASI: Manajemen

Soleman, Riky. (2023). Ekonomi Halal Konsep Dasar, Pengembangan Produk Industri Halal. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Sumber Daya Manusia Berbasis Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wijoyo H, Sunarsi D, dkk. (2021). Pengantar Bisnis. Sumatera Barat: PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI (Grup Penerbitan CV INSAN CENDEKIA MANDIRI).