Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Teknik Kimia Industri pada Elemen Proses Industri Kimia Melalui Materi Unit Penyedia Air

Isi Artikel Utama

Ninik Yuningsih
Agustin Budi Arini

Abstrak

Pembaruan kurikulum di Indonesia merupakan salah satu upaya dalam memperbaiki sistem pendidikan di semua jenjang. Pembaruan ini diharapkan dapat mewujudkan praktik pembelajaran yang lebih berkualitas bagi peserta didik. pada kurikulum merdeka menuntut pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan diterapkannya berbagai model pembelajaran yang mampu mendukung tujuan dari kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Teknik Kimia Industri di SMK Negeri 4 Padalarang melalui penerapan model Problem Based Learning pada elemen Proses Industri Kimia untuk materi unit penyedia air. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sejumlah 35 peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus; setiap siklus terdiri atas empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi/ evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi butir soal tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor rata- rata hasil belajar peserta didik dari 70,15 pada siklus 1 menjadi 80,85 pada siklus 2 dan untuk hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dari skor 3 dengan kategori sedang pada siklus 1 menjadi 4 dengan kategori baik pada siklus 2.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arifin, Mulyati. (2000). Strategi Belajar Mengajar Kimia. JICA: Bandung.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bumi Aksara: Jakarta

Asrori, Mohammad. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. CV. Wacana Prima: Bandung.

Fauzan, M. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 05, (01), 27-35.

Istiana, G.A., dkk. (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan 140 Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 4, (2), 65-73.

Juniarso, T. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Proses Sains. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(3), 257–262. https://Doi.Org/10.30651/Didaktis.V19i3.4419

Nasution, M. L., Yerizon, Y., & Gusmiyanti, R. (2018). Students’ Mathematical Problem-Solving Abilities Through The Application Of Learning Models Problem Based Learning. Iop Conference Series: Materials Science And Engineering, 335(1). Https://Doi.Org/10.1088/1757-899x/335/1/012117

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana : Jakarta