Manejemen Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Siswa di Era Digital
Isi Artikel Utama
Abstrak
Era digital saat ini membawa tantangan baru yang bisa berdampak positif dan negatif lebih khusus dalam dunia pendidikan, terutama dalam membentuk karakter siswa yang disiplin, bisa menghormati yang lebih tua, menghargai yang lebih muda dan bertanggung jawab. Teknologi yang terus berkembang, dengan mudah diakses oleh berbagai kalangan khususnya pelajar, dalam hal lain penggunaan teknologi selain mempermudah, sering kali teknologi membawa berdampak negatif terhadap kedisiplinan siswa, seperti penggunaan media sosial yang berlebihan, dan menurunnya tanggung jawab dalam belajar yang di picu dari perkembangan teknologi. Oleh karena itu, manajemen pendidikan karakter menjadi sangat penting dalam dunia pendidikan untuk memastikan siswa dapat tetap fokus, disiplin, dan bertanggung jawab sebagai seorang siswa yang berkewajiban untuk belajar, dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran manajemen pendidikan karakter menjadi salah satu solusi yang efektif dalam meningkatkan kedisiplinan, menanamkan nilai-nilai dan tanggung jawab siswa di era digital. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus di sekolah menengah, penelitian ini menganalisis dan mengeksplorasi strategi yang diterapkan oleh guru dan manajemen sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter, seperti disiplin dan tanggung jawab. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi dampak penerapan teknologi digital dalam proses pendidikan karakter dan bagaimana hal ini memengaruhi perilaku siswa dalam proses belajar atau di dalam lingkungan kehidupan sehari-hari.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Albertus, & Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.
Jakarta: PT.Grasindo.
Azzah, S. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab, dan Kreatif Selama Pembelajaran Jarak Jauh Kelas VI SDN Ceger 02. Jakarta: Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Damayanti E., Ahmad A., Bara A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak di Sorowako. Martabat:Jurnal Perempuan dan Anak, 4(1), 1-22. Retrieved from https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22
Daud, A., Aulia, A. F., & Ramayanti, N. (2019). Integrasi teknologi dalam pembelajaran: Upaya untuk beradaptasi dengan tantangan era digital dan revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (pp. 449-455). Pekanbaru: Unri Conference Series: Community Engagement.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. Hambali, I. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta
Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 87-93. Retrieved from
http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Husni, E. M., & Fatulloh, A. (2016). Kategorisasi Pengguna Internet di Kalangan Pelajar SD dan SMP Menggunakan Metode Twostep Cluster. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 6-16.
Imam, S. (2022). Implementasi Program Tahfidz Al-Quran Dalam Pembentukan Karakter Santri Di MI LITAHFIZHIL AL-QUR’AN DARUSSALAM Sekubang Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah Tahun Ajaran 20221/ 2022. Mempawah.
Indrawan, I., & dkk. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter. Banyumas: CV. Pena Persada. Kemendiknas. (n.d.). Pendidikan Karakter bangsa, dalam perpustakaan.
kemdiknas.go.id/download/Pendidikan%20Karakter.pdf. Retrieved 10 25, 2024
Lickona, T. (1992). Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Maarif.
Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Jambi: Universitas jambi. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4576
Rini, M. K., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 181-194. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM
Suana, S., & Firdaus, F. (2014). Pola Asuh Orangtua Akan Meningkatkan Adaptasi Sosial Anak Prasekolah di RA Muslimat NU 202 Assa’adah Sukowati Bungah Gresik. Journal of Health Sciences, 7(2), 509. Retrieved from https://doi.org/10.33086/JHS.V7I2.509
Triyanto. (2020). Peluang dan Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital. Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175-184. doi:DOI. 10.21831/jc.v17i2.35476
Undang-Undang Nomor 20. (2003 ). Sistem Pendidikan Nasional .