Penerapan Chatbot sebagai AI untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Isi Artikel Utama

Ambar Sri Lestari1

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan chatbot sebagai model pembelajaran berbasis Artificial Intelligence untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif rancangan chatbot ini menggunakan zplatform smojo.ai. Pengujian kelayakan chatbot menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan sebanyak tigapuluh mahasiswa fakultas pendidikan pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam sebagai partisipan merespon penggunaan chatbot. Hasil pengujian chatbot berada pada skor 76 artinya chatbot dapat diterima oleh pengguna untuk menumbuhkan motivasi intrinsik dalam belajar. Chatbot yang dirancang mengambil konsep Visionary yaitu menggambarkan seorang individu yang memiliki visi untuk masa depan diantaranya meliputi inovasi, pengetahuan, kepemimpinan, kerjasama, komunikasi, dan komunitas. Penelitian ini berimplikasi pada pendidikan di era 5.0 berbasis AI menggunakan desain chatbot dalam interaksi antara manusia dengan mesin untuk mendorong kreativitas dalam pembelajaran.


 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Ambar Sri Lestari1, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam