Kurikulum Berbasis Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Madrasah di Era Society 5.0

Isi Artikel Utama

Eti Eti
Dima Noor Ziehad
Farah Budiarti Khoerulbariyyah

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi informasi terlebih sejak digulirkannya Era Society 5.0, menuntut perubahan dan pengembangan dalam berbagai bidang kehidupan, khususnya pendidikan. Pendidikan merupakan garda terdepan yang membentuk peradaban hidup manusia, oleh karenanya pendidikan harus mampu menjawab tantangan-tantangan yang merupakan konsekuensi dari perubahan yang terjadi. Kurikulum yang merupakan elemen terpenting dan menjadi pedoman untuk mencapai tujuan pendidikan harus bertransformasi untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. kurikulum berbasis digital merupakan jawaban agar tujuan pendidikan yang lebih relevan dan adaptif dengan perkembangan zaman bisa tercapai. Penelitian ini akan menyajikan analisis tentang kurikulum berbasis digital dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Tsanawiyah At-Taufiq Bandung dengan menggunakan metode Kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomonologi.Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana penerapan kurikulum berbasis digital yang berdampak pada penerima dan pelaksana kurikulum. Adapun hasil dari penelitian ini akan dapat memberikan gambaran mengenai pengaruh kurikulum berbasis digital dalam implementasi Kurikulum Merdeka terhadap proses dan hasil pembelajaran. Selain itu, berbagai tantangan seperti kebutuhan pelatihan bagi guru, dan infrastruktur yang memadai tentu perlu mendapatkan perhatian serius. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif bagi para stakeholder, serta para praktisi pendidikan lain mengenai implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat berjalan efektif dan berkelanjutan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdul Fattah Nasution, Setia Ningsih, Mona Febrica Silva, Leli Suharti, & Jekson Parulian Harahap. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37

Budiyarti, N., Asep, A. A., Palah, & Agus, S. M. (2024). The Formulation of The Goal of Insan Kamil as a Basis for The Development of Islamic Education Curriculum. International Journal of Education & Curriculum Application, Volume.03 No. 02, 81–90. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i2.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches (Fourth edition). SAGE.

Hamdan, H. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI): Teori dan Praktek: Vol.

Volume 01. Aswaja Pressindo.

Ismail, I. B. (2018). An Important Role of Educational Supervision in the Digital Age. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 3(4), 115–120. https://doi.org/10.23916/0020180314230

Khoirin, D., & Hamami, T. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 Integratif dalam Menghadapi Era Society 5.0. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 83–94. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4109

Koroh, L. I., Lao, H., Tari, E., & Liufeto, M. C. (2022). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah Ende. Volume 02(Vol. 2 No. 1 (2022): Vol.2 No.1 Oktober 2022). https://doi.org/10.1234/jurnal%20nauli.v2i1.1028

Manaf, S. (2024). Educational Management in the Digital Age: Integrating Technology for Student Success. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4919 Muthrofin, K., & Madekhan, M. (2023). Reformulasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Suatu Keharusan di Era Digital. Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 14(2), 17–30.

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.434

Rahma Putra, A., Suhartadi, S., Nauri, I., Irdianto, W., & Mindarta, E. (2019). Causal Factors Analysis Unsynchronized Occupation with The Competency during The Study. Proceedings of the Proceedings of The 2nd International Conference On Advance And Scientific Innovation, ICASI 2019, 18 July, Banda Aceh, Indonesia. Proceedings of The 2nd International Conference On Advance And Scientific Innovation, ICASI 2019, 18 July, Banda Aceh, Indonesia, Banda Aceh, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.18-7-2019.2288594

Santoso, B., Triono, M., & Zulkifli, Z. (2023). Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 54–61. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.2963

Suhadak. (2022). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era Society 5.0. Proceeding International Seminar on Islamic Education and Peace, Vol. 1(Vol. 1 (2021): Proceeding International Seminar On Islamic Education and Peace), 507–512.

Wicaksono, D., Suradika, A., Winata, W., & Shodiq, N. A. (n.d.). PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM DIGITAL DAN PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL SET ADAPTIF DI SMK ATLANTIS DEPOK