Pemanfaatan Gemini AI untuk Proses Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam Masa Kini
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam proses pembelajaran pada lembaga pendidikan masa kini semakin berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi. AI memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui personalisasi pembelajaran, efisiensi manajemen kelas, serta pengembangan keterampilan siswa dalam menghadapi tantangan abad 21. Gemini AI merupakan salah satu inovasi terbaru dalam teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk mendukung proses pembelajaran di lembaga pendidikan. Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan Gemini AI dalam berbagai aspek pendidikan, mulai dari personalisasi materi ajar, peningkatan interaksi antara siswa dan guru, hingga otomatisasi evaluasi pembelajaran. Dengan kemampuan untuk menganalisis data secara real-time, Gemini AI memberikan rekomendasi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa, sehingga mampu mempercepat pencapaian hasil belajar. Studi ini juga membahas potensi Gemini AI dalam mengatasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh pendidikan tradisional, seperti keterbatasan waktu guru dalam memberikan umpan balik yang mendalam, serta kesulitan dalam mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa. Di sisi lain, penelitian ini menyoroti tantangan tantangan implementasi AI di lingkungan pendidikan, termasuk kesiapan infrastruktur, pelatihan sumber daya manusia, dan pertimbangan etika terkait privasi data siswa. Hasil dari penelitian ini peneliti menemukan banyak sekali manfaat yang bisa digunakan oleh lembaga pendidikan dalam meningkatkan pembelajarannya, meskipun diperlukan langkah-langkah strategis dalam penerapannya agar manfaat teknologi ini dapat dioptimalkan secara berkelanjutan
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Atmaja, S. (2024). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) DALAM. 06(1), 9–21. Lubis, M. S. Y. (2021). IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA. 1–7.
Michael. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS AI DENGAN GEMINI DALAM PEMBUATAN MODUL AJAR GURU DI SMK KABUPATEN MELAWI: PENDEKATAN PARTICIPATORY ACTION RESEARCH
Michael. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 7(April), 96–103.
Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. 05(2), 473–486.
Prasetyo, D. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Gemini AI untuk Penyusunan Modul Ajar bagi Guru TK / RA /
BA di Kecamatan Pacitan Tahun 2024. 01(02), 56–61.
Zainuddin, M. R., & Hasanah, S. N. (2022). Konsep dasar lembaga dalam lembaga pendidikan islam. 4. Zuhanda, M. K., Studi, P., Digital, B., Studi, P., Informatika, T., Area, U. M., Manajemen, P. S., & Manajemen,
P. S. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Gemini AI untuk Mendukung Pembelajaran pada SMA di Sumatera Utara. 3, 75–81.