Pengembangan Literasi Media, Informasi, dan Komunikasi Teknologi dalam Paradigma Pendidikan Abad 21

Isi Artikel Utama

Ayu Intan Fatiman
Mara Indah Lokawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengkaji perkembangan literasi media, literasi informasi, dan literasi teknologi komunikasi dalam sistem pendidikan di abad ke-21. Di era digital yang disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini, literasi merupakan kemampuan penting yang dibutuhkan oleh seseorang untuk dapat beroperasi secara efisien dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur termasuk buku, jurnal, dan dokumen kebijakan mengenai literasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi media, literasi informasi, dan literasi teknologi komunikasi saling berhubungan dan sangat penting dalam pembelajaran yang bermakna. Tantangan dalam konteks pengembangan literasi ini termasuk xkesenjangan tingkat keterampilan antara siswa dan pendidik, serta ketersediaan pelatihan dan sumber daya. Namun, dalam hal ini terdapat peluang yang cukup besar untuk mengintegrasikan literasi ke dalam kurikulum pendidikan melalui penyediaan inisiatif kebijakan yang mendukung dan penggunaan teknologi yang tepat. Studi ini mengantisipasi bahwa temuan-temuannya akan berguna bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan peneliti dalam merancang strategi yang luas untuk mempromosikan literasi di kalangan siswa dan membekali mereka untuk menghadapi generasi yang semakin kompleks dan saling bergantung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adya Pribadi, R., Syifa Nurfebriyani, S., Zahra Khumairoh, I., & Danil Pamungkas, A. (2023). Proses Pencapaian Keterampilan Literasi Membaca Pada Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Pojok Baca Kelas IV. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.22460/jpp.v2i2.21531

Baran, S. J. (2004). Introduction to mass communication: Media literacy and culture (Updated media enhanced 3. ed). McGrawHill.

Baym, N. K. (2010). Personal connections in the digital age. Polity.

Biagi, S. (2015). Media/impact: An introduction to mass media (Eleventh edition). Cengage Learning.

Bransford, J. D. & National Research Council (Eds.). (2004). How people learn: Brain, mind, experience, and school (Expanded ed., 9. print). National Academy Press.

Buckingham, D. (2008). Media education: Literacy, learning, and contemporary culture (Repr). Polity Press.

Darling-Hammond, L. (2015). Flat World and Education: How America’s Commitment to Equity Will Determine Our Future. Teachers College Press.

Davidson, C. N. (2012). Now you see it: How technlogy and brain science will transform schools and business for the 21st century. Penguin Books.

De Abreu, B. S. (2007). Teaching media literacy: A how-to-do-it manual and CD-ROM. Neal-Schuman Publishers.

Eisenberg, M. B., & Berkowitz, R. E. (2011). The Big6 workshop handbook: Implementation and impact (4th ed). Linworth.

Fuchs, C. (2023). Digital ethics. Routledge.

Halliday, M. A. K. (1994). Language as social semiotic: The social interpretation of language and meaning (9. impr). Arnold.

Hobbs, R. (2011). Digital and media literacy: Connecting culture and classroom. Corwin Press.

Iannuzzi, P. (2000). Information Literacy Competency Standards for Higher Education. Community & Junior College Libraries, 9(4), 63–67. https://doi.org/10.1300/J107v09n04_09

Jenkins, H., Ito, M., & Boyd, D. (2016). Participatory culture in a networked era: A conversation on youth, learning, commerce, and politics. Polity.

Livingstone, S. M., & Sefton-Green, J. (2016). The class: Living and learning in the digital age. New York University Press.

Marr, B. (2017). Data strategy: How to profit from a world of big data, analytics and the internet of things. Kogan Page.

Merriam, S. B., & Bierema, L. L. (2014). Adult learning: Linking theory and practice (First edition). Jossey-Bass.

Muryati, S., Sudiatmi, T., & Saptomo, S. W. (2022). Stimulasi Keterampilan Abad Ke-21 bagi Siswa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia. 1.

Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISME DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634

Oblinger, D., & Oblinger, J. L. (Eds.). (2005). Educating the net generation. EDUCAUSE.

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Orlik, P. B. (2015). Media criticism in an electronic age: Professional and consumer considerations. Routledge.

Paulo Freire. (2019). Pendidikan kaum tertindas (Cetakan pertama, 2019).

Rheingold, H. (2014). Net smart: How to thrive online (1. paperback ed). MIT Press.

Roem, E. R. (2019). Komunikasi Interpersonal.

Schrift, A. D. (2005). Modernity and the problem of evil. Indiana university press.

Siemens, G. (2005). Connectivism: A Learning Theory for the Digital Age.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D) (Cet. 6). Alfabeta.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass, a Wiley Imprint.

Turkle, S. (2011). Alone together: Why we expect more from technology and less from each other. Basic Books.