The Effectiveness of Online Learning in Increasing Student Productivity

Isi Artikel Utama

Lutfiana Nisarohmah
Medina Chodijah

Abstrak

This study aims to discuss the relationship between the effectiveness of online learning and student productivity. This research method is qualitative through literature study with content analysis approach. The discussion of this research includes the conditions of online learning, the effect of online learning on students, and the effectiveness of online learning. This study concludes that the effectiveness of online learning can be achieved through the use of learning media that students enjoy and are familiar with. The emergence of a feeling of pleasure while learning has a great influence on students' understanding and activeness so that they can increase their productivity.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13–29.

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Matrik: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika & Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346.

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Darmalaksana, W. (2020a). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. 2(1).

Darmalaksana, W. (2020b). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. 1–6.

Deliviana, E., Erni, M. H., Hilery, P. M., & Naomi, N. M. (2020). Pengelolaan Kesehatan Mental Mahasiswa Bagi Optimalisasi Pembelajaran Online di Masa Pnademi Covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(2), 129–138.

Dewi, K. S. (2012). Kesehatan Mental. UPT UNDIP Press Semarang.

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembalajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. 96–102.

Indrawati, H. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif (MPKP) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Bisnis. Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–18.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Noveandini, R., & Wulandari, M. S. (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online (E-Learning) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa/I Sekolah Dasar. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 71–74.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi, 1, 29–38.

Prasetyaningtyas, S. (2020). Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Coivd-19 di SMPN Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.

Putra, A. S., & Radita, F. R. (2020). Paradigma Belajar Mengaji Secara Online Pada Masa Pandemic Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19 ). Mataazir: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(I), 49–61.

Rahardja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning + Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 9(2), 192–202.

Rahman, S. R., & Firman. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 02(02), 81–89.

Ratnasari, A. (2012). Studi Pengaruh Penerapan E-Learning terhadap Keaktifan Mahasiswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar Studi Kasus Universitas Mercu Buaca Jakarta. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 15–16.

Sudiana, R. (2016). Efektifitas Penggunaan Learning Management System Berbasis Online. 9(2), 201–209.

Sukardi, & Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, 04(2), 97–102.

Yusup, M., & Marzani. (2020). Analisis Produktivitas Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batanghari Melalui Pembelajaran Online. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–10.

Zhafira, N., Ertika, Y., & Chairiyanto. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.