Takhrij and Syarah Hadith of Chemistry: The Law of Treatment with Khamr
Isi Artikel Utama
Abstrak
The purpose of this research is to discuss the hadith of the Prophet. about the law of treatment with khamr. This research method is qualitative through the takhrij and sharah hadith approaches with chemical analysis. The results and discussion of this research is that khamr is not only in the form of a drink but everything that makes you lose your mind. The conclusion of this research is takhrij and syarah hadith of the Prophet regarding the law, treatment with khamr is haram, but when in a state of extreme emergency it is permissible in moderation.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Darmalaksana, W. (2020a). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmalaksana, W. (2020b). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmalaksana, W. (2020c). Penelitian Metode Syarah Hadis Pendekatan Kontemporer: Sebuah Panduan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis, 5.
Darmalaksana, W. (2020d). Prosiding Proses Bisnis Validitas Hadis untuk Perancangan Aplikasi Metode Tahrij. Jurnal Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1, 1–7.
Darmalaksana, W., Pahala, L., & Soetari, E. (2017). Kontroversi Hadis sebagai Sumber Hukum Islam. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(2), 245–258.
Eramuslim. (2021). Hukum Berobat dengan Khamr. Era Muslim : Media Islam Rujukan. https://www.eramuslim.com/kontemporer/hukum-berobat-dengan-khamr.htm#.YGBc6T8xVPZ
Hani, U. (1981). PEMAKAIAN ALKOHOL PADA OBAT BATUK SIRUP BERDASARKAN 4 MAZHAB. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Harahap, S. W. (2011). Narkoba adalah Obat, yang Dilarang Penyalahgunaan. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/infokespro/55008c45a33311bb74511500/narkoba-adalah-obat-yang-dilarang-penyalahgunaan
Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Identifikasi Ayat-Ayat Khamar Dan Penafsirannya Dalam Tafsir Al-Misbah. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.
Kosasih, H. A. (2014). Hadis Sumber Ajaran Islam Kedua. Ushuluddin, 17, 1–13. http://www.fimadani.com/pengertian-hadits-hasan/
Kusnadi, M., Masykuri, & Mulyani, S. (2013). Pembelajaran Kimia dengan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Laboratorium Real dan Virtual Ditinjau dari Kemampuan Matematik dan Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa. Jurnal Inkuiri, 2(2), 163–172.
Mursyidi, A. (2002). Alkohol dalam obat dan kosmetika. Tarjih, i, 26–36.
Sirait, A. S. (2018). Rehabilitasi Bagi Penyalahguna Narkotika Dalam Perspektif Maqasid As-Syari’Ah. Jurnal El-Qanuniy: Jurnal Ilmu-Ilmu Kesyariahan Dan Pranata Sosial, 4(1), 74–87. https://doi.org/10.24952/el-qonuniy.v4i1.1828
Soetari, E. (1994). Ilmu Hadits. Amal Bakti Press.
Soetari, E. (2015). Syarah dan Kritik Hadis dengan Metode Tahrij: Teori dan Aplikasi (2nd ed.). Yayasan Amal Bakti Gombong Layang.
Tuasikal, M. A. (2010). Salah Kaprah dengan Alkohol dan Khomr. Rumahsyo .Com : Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat. https://rumaysho.com/812-salah-kaprah-dengan-alkohol-dan-khomr.html#_ftn16
Wijaya, A. (2016). Bahaya Khamar dalam Perspektif AL-Quran dan Kesehatan. Sekripsi, bahaya khamr dalam perspektif al-qur’an dan kesehatan, 72. http://repository.uinsu.ac.id/3452/1/Skripsi Khamar AW.pdf