Optimalisasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Instrumen Kelas XI di SMK Negeri 13 Bandung Tahun 2020
Isi Artikel Utama
Abstrak
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan, bencana pandemi virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) di Tanah Air membuat kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas terpaksa ditiadakan. "Adanya bencana nasional Covid-19 ini membuat kami menganjurkan murid belajar dari rumah dan guru mengajar dari rumah”. Alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu dengan optimalisasi pembelajaran daring. Metoda penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 13 Bandung dengan jumlah siswa 34 orang. Kebenaran hipotesis tindakan dan untuk menjawab pertanyaan penelitian perlu didukung oleh data-data dan informasi akurat yang diperoleh melalui penelitian. Data tersebut diperoleh melalui ulangan harian yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus, tugas individu dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat diketahui bahwa dengan optimalisasi pembelajaran daring pada kompetensi menerapkan dan melaksanakan analisis elektrogravimetri dan konduktometri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, 2006.
Arikunto, Suharsimi, dkk, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara, 2006.
Echols, John M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia, 2003.
Gulo, W, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo, 2005.
Ibrahim, Muslim, Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press, 2000.
Karli, Hilda dan Margaretha, S.Y, Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Bina Media Informasi, 2002.
Kompasiana.com, 13 Nopember, 2020.
Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 13 Bandung, 2013.
Republika, 25 Maret 2020.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Sudjana, N, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Sutrisno, Joko, Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Dalam Belajar Sains Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Jakarta, Erlangga, 2008.
Wardani, I. G. A. K.dkk, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka, 2006.
Suhardjana, Diktat Analisis Elektrokimia (tidak diterbitkan), 2000.