Arti Penting Pengendalian Diri dalam Islam: Studi Kritik Hadis

Isi Artikel Utama

Muhammad Aufa Alfaiz
Dian Siti Nurjanah
Husnul Qodim

Abstrak

This study aims to discuss the hadith about self-control. This study uses a qualitative approach by applying the descriptive-analytical method. The formal object of this research is the science of hadith, while the material object is the hadith about self-control in the history of Ahmad No. 10284. The results and discussion of this study indicate that the status of the hadith is authentic with the qualifications of maqbul ma'mul bih for the practice of Islam. This study concludes that the hadith narrated by Ahmad No. 10284 is relevant to be used as a spirit in an effort to increase self-control.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Muhammad Aufa Alfaiz, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Studi Agama-Agama, Fakultas Ushuluddin

Dian Siti Nurjanah, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin

Husnul Qodim, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Studi Agama-Agama, Fakultas Ushuluddin

Referensi

Alaydrus, R. M. (2017). Membangun Kontrol Diri Remaja Melalui Pendekatan Islam dan Neuroscience. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(2), 15–27. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss2.art2

Arlyanti, R. (2012). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Intensitas Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja. Jurnal Psikologi, 2(2), 170–183.

Darmalaksana, W. (2018). Paradigma Pemikiran Hadis. JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 2(1), 95–106.

Darmalaksana, W. (2020). Prosiding Proses Bisnis Validitas Hadis untuk Perancangan Aplikasi Metode Tahrij. Jurnal Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1, 1–7.

Darmalaksana, W. (2022). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fadillah, G. F. (2013). Meningkatkan Pengendalian Diri Penerima Manfaat Melalui mimbingan Kelompok di Balai Rehabilitasi Mandiri. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application, 2(1).

Ihsanul, Y. (2016). Ma’na al-Ghadhab dan Relevansinya bagi Pengendalian Diri dalam Al-Quran (Studi Analisis Tafsir Munir Karya Wahhab al-Zuhaili). IAIN Kudus.

Julian, R. N. (2020). Pengendalian Marah Perspektif Hadis: Studi Tematik atas Hadis dalam Kutub al-Tis’ah. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mahmudah, & Zuhriah, F. (2021). Konsep Adversity Quotient (AQ) dalam Menghadapi Cobaan (Ditinjau dari Perspektif Al-Qur’an dan Hadis). Tarbiyah Islamiyah, 11(1), 31–44.

Mardiana, D., & Darmalaksana, W. (2020). Relevansi Syahid Ma’nawi dengan Peristiwa Pandemic Covid-19: Studi Matan Pendekatan Ma’anil Hadis. Jurnal Perspektif, 4(1), 12–19.

Saltanera, S. (2015). Ensiklopedi Hadits Kitab 9 Imam. Lembaga Ilmu Dan Dakwah Publikasi Sarana Keagamaan, Lidwa Pusaka. https://store.lidwa.com/get/

Santina, S. (2019). Hubungan antara Intensitas Puasa Senin Kamis dengan Pengendalian Diri pada Mahasiswa. UIN Raden Intan Lampung.

Sari, D. P. (2017). Berpikir Matematis dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif dan Abstrak. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1).

Soetari, E. (1994). Ilmu Hadits. Amal Bakti Press.

Soetari, E. (2005). Ilmu Hadits: Kajian Riwayah dan Dirayah. Mimbar Pustaka.

Soetari, E. (2015). Syarah dan Kritik Hadis dengan Metode Tahrij: Teori dan Aplikasi (2nd ed.). Yayasan Amal Bakti Gombong Layang.

Sundus, I. (2020). Pengaruh Pembiasaan Shalat Berjamaah terhadap Pengendalian Diri dari Akhlak Tercela Siswa Kelas VIII di SMP Yapia Ciputat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Umam, M. K. (2020). Komparasi Pengendalian Diri Siswa Antara Yang Puasa dan Tidak Puasa Sunah Senin Kamis di SMA an-Nuriyyah Bumiayu Brebes. UIN Walisongo Semarang.

Zulfah, Z. (2021). Karakter: Pengendalian Diri. Iqra: Jurnal Magister Pendidikan Islam, 1(1), 26.