Pola Asuh dalam Pandangan Zainuddin Fananie

Isi Artikel Utama

Ratu Kemala
Illa Susanti
Asep Muharam
Wahyudin Darmalaksana

Abstrak

This study aims to discuss the parenting style in Zainuddin Fananie's view. This study uses a qualitative approach by applying the descriptive-analytical method. The formal object of this research is Zainuddin Fananie's modern education, while the material object is Islamic parenting. The results and discussion of this study indicate that Zainuddin Fananie's view of parenting for children at home emphasizes the education of the spirit, mind, and body. This study concludes that parenting in Zainuddin Fananie's view emphasizes compassion which is related to objectivity and wisdom.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Ratu Kemala, STAI Siliwangi Garut

Program Studi PIAUD

Illa Susanti, STAI Siliwangi Garut

Program Studi PIAUD 

Asep Muharam, STAI Siliwangi Garut

Program Studi Pendidikan Agama Islam

 

Wahyudin Darmalaksana, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fakultas Ushuluddin

Referensi

Darmalaksana, Wahyudin. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, Wahyudin. (2022). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fananie, R. Zainuddin. (2010). Pedoman Pendidikan Modern (Wahyudin Darmalaksana, ed.). Jakarta: Fananie Center.

Husada, Anna Kurniawati. (2013). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Prososial pada Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).

Mulqiah, Zuraida, Santi, Eka, & Lestari, Dhian Ririn. (2017). Pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa anak prasekolah (usia 3-6 tahun). Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 5(1), 61–67.

Nadhifah, Izzatullaili, Kanzunnudin, Mohammad, & Khamdun, Khamdun. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 91–96.

Pramawaty, Nisha, & Hartati, Elis. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun). Jurnal Keperawatan Diponegoro, 1(1), 87–92.

Rusuli, Izzatur. (2021). Tipologi Pola Asuh dalam Al-Qur’an: Studi Komparatif Islam dan Barat. Islamika Inside: Jurnal Keislaman Dan Humaniora, 6(1), 60–87.

Sari, Chintia Wahyuni Puspita. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 76–80.

Sukamto, Rinda Nikenindiana, & Fauziah, Pujiyanti. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923–930.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.