Peran Tasawuf dalam Meraih Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual di Era Modern
Isi Artikel Utama
Abstrak
This study aims to discuss the role of Sufism in achieving intellectual, emotional and spiritual intelligence in the modern era. This study used a qualitative approach using a descriptive-analytical method. The results and discussion in this study show how important the role of Sufism is to be studied in increasing the three intelligences possessed by humans, namely intellectual, emotional and spiritual, especially in today's modern era. Increasing intelligence itself can be done by means of riyadhah, habituation, and mujahadah. This research concludes that Sufism plays a role in achieving intellectual, emotional and spiritual intelligence. This research recommends Islamic educational institutions to develop the cultivation of Sufism values in achieving intellectual, emotional and spiritual intelligence in the modern era.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Amin, M. (2017). Sadar berprofesi guru sains, sadar literasi: Tantangan guru di abad 21. Research Report.
Amin, M. (2010). Implementasi Hasil-hasil Penelitian Bidang Biologi dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Biologi, 7(1).
Anam, H., & Ardillah, L. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman Akuntansi. JST (Jurnal Sains Terapan), 2(1).
Anggraini, B. (2019). Pengaruh Kecerdasan dan Emosional terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan. Universitas Dharmawangsa.
Aprimulki, E., Kamaliah, K., & Safitri, D. (2017). Pengaruh Konflik Peran, Kelebihan Peran, Independensi, dan Kompetensi terhadap Kinerja Auditor dengan Kecerdasan Spiritual sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik Pekanbaru dan Padang). Riau University.
Awali, M. (2018). Pengaruh Kemampuan Kognitif terhadap Hasil Pembelajaran Bola Basket. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 52–63.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/
Darmalaksana, W. (2022). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Fijriyah, Y. (2020). Penanaman Nilai-nilai Dasar Tasawuf sebagai Pengendali Perilaku Menyimpang Melalui Bimbingan Kepribadian. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 1–18.
Gani, A. (2019). Pendidikan Tasawuf dalam Pembentukan Kecerdasan Spiritual dan Akhlakul Karimah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 275–286.
Halimah, S. (2020). Tasawuf untuk Masyarakat Modern. Jurnal Al-Makrifat, 1(2), 274–282.
Junaedi, J. (2012). Minat dan Bakat Mahasiswa Dakwah Pada Kegiatan Khithabah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 6(1), 121–134.
Khoiruddin, M. A. (2016). Peran Tasawuf dalam Kehidupan Masyarakat Modern. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 113–130.
Kurniawan, A. (2016). Peran Tasawuf dalam Pembinaan Akhlak di Dunia Pendidikan di Tengah Krisis Spiritualitas Masyarakat Modern. Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan, 2(1).
Rahmasari, L. (2012). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1).
Suciati, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Rasibook.
Sukring, S. (2016). Pendidik dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta Didik (Analisis Perspektif Pendidikan Islam). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 57–68.
Syafitri, A. (2021). Pengaruh Stres Kerja, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kota Palembang (Studi Kasus pada Pegawai di Dinas Pendidikan Kota Palembang). Universitas Tridinanti Palembang.
Tasmara, T. (2001). Kecerdasan Ruhaniah (Transcendental Intelligence): Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, Professional, dan Berakhlak. Gema Insani.
UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ-Kecerdasan Spiritual. Mizan Pustaka.