Use of Web-Based Virtual Simulation (Physics Classroom) to Improve Student Learning Outcomes on the Subject of Momentum, Impulse, and Collision
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar,siswa, dan respon siswa setelah menggunakan simulasi virtual berbasis web physics classroom. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain pre-experimental design jenis one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dari kelas X MIPA 2 MAN 1 Majalengka yang berjumlah 24 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan simulasi virtual berbasis web physics classroom, tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dengan indikator soal berdasarkan aspek kognitif C1 sampai C4, dan angket respon siswa. Teknik analisis data melalui analisis lembar observasi, N-Gain, uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menggunakan SPSS, dan angket respon siswa. Hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 90% dengan interpretasi sangat baik dan peserta didik sebesar 82% dengan interpretasi baik. Peningkatan hasil belajar berdasarkan nilai pretest, posttest, dan N-Gain secara keseluruhan diperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,62 yang termasuk kategori sedang. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima dalam hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil,belajar siswa pada pokok bahasan momentum, impuls,,dan tumbukan di,kelas,X MIPA 2 MAN 1 Majalengka setelah menggunakan simulasi virtual berbasis web physics classroom. Kemudian terdapat respon positif siswa setelah menggunakan media simulasi virtual physics classroom dengan rata-rata persentase respon siswa sebesar 82,4% dengan kategori sangat setuju terhadap setiap pernyataan yang terdapat pada angket respon siswa
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.