Pengaruh Penerapan Metode Fun Learning Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Anak Usia Dini

Isi Artikel Utama

Aam Kurnia
Arif Nursihah
Anggi Rahayu

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah mengetahui kemampuan awal baca tulis Al-Qur'an anak usia dini dan setelah diterapkan metode fun learning, serta besarnya pengaruh metode ini pada anak usia dini di RA Robithoh. Penelitian ini berlandaskan pada konsep metode fun learning yaitu proses pembelajaran dengan suasana yang hangat, tenang, nyaman dan menyenangkan, sehingga diharapkan dapat membantu mengembangkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an anak. Hipotesis penelitian terdiri atas dua hipotesis yaitu, Hipotesis Nol (H0):“tidak terdapat pengaruh penerapan metode fun learning terhadap kemapuan baca tulis Al-Qur'an. Sedangkan ”Hipotesis Alternatif (Ha): terdapat pengaruh penerapan metode fun learning terhadap kemapuan baca tulis Al-Qur'an.” Metode penelitian yang digunakan ialah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Subjek penelitian ialah anak kelompok B RA Robithoh sebanyak 15 anak. Wawancara, dokumentasi, serta observasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata kemampuan baca tulis Al-Qur'an saat pre-test sebesar 61 dan termasuk kategori cukup. Sedangkan, nilai rerata post-test sebesar 84 dan termasuk kategori sangat baik. Dengan begitu, berdasarkan hasil data yang diperoleh kemampuan anak meningkat, hal ini diperkuat dengan hasil analisis uji hipotesis dengan uji paired sample dengan taraf signifikansi 5% yang menunjukkan nilai thitung = 8,6 sedangkan ttabel = 1,76, sehingga thitung > ttabel. Artinya Ha diterima dan terbukti bahwa ada pengaruh penerapan metode fun learning pada kemampuan baca tulis Al-Qur'an

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmansyah. (2011). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna.

Khaji, K., Yulianingsih, Y., & Ratnasih, T. (2020). Hubungan Perkembangan Nilai Agama dan Moral dengan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. JAPRA : Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal.

Munirah, & Arif, M. (2020). Wanita Muslimah dan Pendidikan Anak Usia Dini. Balai Insan Cendikia Mandiri.

Nurfitria. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Fun Learning Terhadap Minat Belajar IPA Bagi Siswa Kelas V Di MI Bahrul Ulum Pallaga Kabupaten Gowa . Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Nurkhasanah, S. (2012). Hubungan Antara Kemapuan Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah. Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Nurluthfiyani, R. (2019). Peran Orangtua Dalam LIterasi Al-quran Pada Anak Usia Dini DI TPA Al-Falah Mrican Di Yogyakarta.

Sakti, H. F., Shoffiula, M., & Hajar, N. W. (2019). Penting Pendidikan Al-Qur'an Guna Menumbuhkan Akhlak Terpuji Pada Anak Usia Dini Di Desa Bendunganjati Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. LP4MP Universitan Islam Majapahit, 179-180.

Sari, W. (2018). Pengaruh Metode Lihat Baca Tulis dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Alquran terhadap Kemampuan Membaca Menulis Al-Qur'an. Pendidikan Agama Islam Universitas Sunan Gunung Djati.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca Kemampuan Al quran Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1, B. 1. (n.d.).

Yuliani, N. S. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.