Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bola Kaki

Isi Artikel Utama

Yuyun Yulianingsih
Heri Hidayat
Chariena R Rullisanti Rukhiyat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik kasar anak di RA Nur Alifah Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data dalam penelitian yaitu berupa unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, kesimpulan dan verfikasi. Subjek atau respoden dalam penelitian ini adalah anak kelompok B RA Nur Alifah Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang yang berjumlah 15 orang pada tahun 2019/2020. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa perkembangan motorik kasar anak melalui permainan bola kaki sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 30,33 dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapan permainan bola kaki dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I aktivitas guru mencapai 66,65% dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 90% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula pada aktivitas anak siklus I mencapai 71,105 % dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 88,11% dengan kriteria sangat baik. Adapun pada siklus I perkembangan motorik kasar anak memperoleh nilai rata-rata 59,87 dengan kriteria kurang dan siklus II meningkat menjadi 79,87 dengan kriteria baik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.

Arikunto Sugiyono. 1995. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Dewi Rosmala. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti

Masitoh. 2005.Strategi Pembelajaran Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Universita Terbuka

Nurbiana, Dhieni. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: UT.

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Mulyasa, E. 2014. Manjemen PAUD. Bandung: Rosda

Dimyati. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suyadi, (2010). Psikologi Belajar PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Remmy Muchtar. 1992. Olahraga Pilihan Sepak Bola. Semarang: IKIP Negeri Semarang.