Relasi Kecerdasan Linguistik dengan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini

Isi Artikel Utama

Syam’iyah Syam’iyah
Zaenal Mufie
Karsilah Karsilah

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kecerdasan linguistik di kelompok B PAUD Aster Cibiru Bandung (2) untuk mengetahui keterampilan berkomunikasi anak usia dini dikelompok B PAUD Aster Cibiru Bandung (3) untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan berkomunikasi anak usia dini di kelompok B PAUD Aster Cibiru Bandung.Pada masa usia dini seluruh potensi dan aspek perkembangan dapat dikembangkan secara optimal, salah satu aspek perkembangannya yaitu perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa pada anak usia dini yang mengalami masalah dapat ditangani melalui stimulus yang diberikan oleh guru maupun orangtua. Salah satu aktivitas yang dapat digunakan untuk menstimulus perkembangan bahasa anak adalah meningkatkan kecerdasan linguistik. Meningkatkan kecerdasan linguistik ini menuntut anak agar mampu mengenali kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang datanya berupa angka-angka. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penilaian dengan observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dianalisis secara deskriptif dengan analisis parsial dan analisis korelasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan linguistik dan keterampilan berkomunikasi anak usia dini berada pada kategori sedang dengan nilai 2,87 dan 3,10. Angka tersebut berada pada interval 2,60-3,39. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan berkomunikasi anak usia dini di kelompok B PAUD Aster Cibiru Bandung, dengan hubungan yang kuat/tinggi pada harga koefisien korelasi 0,69 yang berada pada interval 0,600-0,799. Kontribusi yang diberikan kecerdasan linguistic terhadap keterampilan berkomunikasi anak usia dini senyak 28% dan sisanya 72% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdurahman, Akhi.(2009). Cara Praktis Mengatasi Perkembangan Anak.

Bandung: There Publishing.

Penerapan Multiple Inteligen di Keluarga, Lembaga Pendidikan, dan Bisnis. Jakarta: Kompas Gramedia,2011.

Chatib. Munif. Sekolah Anak-Anak Juara Berbasis Kecerdasan Jamak

dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung: KAIFA, 2012.

Dhinie, dkk. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Depdiknas Dirjen PLS dan Pemuda. (2004). Menyongsong kurikulum

Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Jamak di Masa Depan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Faridl Musyadad Dan Santi Ambar Ingrum. 2017. Pengaruh Metode

Berbicara Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Di TK

Se-Kecamatan Parakan, Temanggung Jawa Tengah: halaman 68-69.

Fadhilah, Nur. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences bagi

Siswa Usia Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Fatmawati, D. (2014). Pengembangan kemampuan komunikasi anak

melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar pada kelompok A di TK PERTIWI JANTI, POLANHARJO, KLATEN.

Gardner, & Howard. (2003). Multiple intelligences. Batam: Interaksara

Gardner, & Howard, (1993). Frames of mind: the theory of multiple

intelligences. New York:Basic Book.

Hayati, Tuti. 2014. Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV. Insan Mandiri.

Muhibbin Syah. (2003:13). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru,

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurbiana, Dhieni, dkk. (2008). Metode pengembangan bahasa. Jakarta :

Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Nurani. Y. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta :

Indeks

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 (2009) tentang Standar

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor

(2014) tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Persada

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia

Dini.Jakarta: Indeks.

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhada, Idad.(2016). Psikologi Perkembangan. Bandung.