Hubungan Antara Kecerdasan Visual Spasial dengan Keterampilan Menggambar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung yaitu tepatnya terjadi pada kelompok B yang dimana terdapat beberapa anak yang masih selalu meniru apa yang dicontohkan oleh guru dalam kegiatan menggambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: realitas kecerdasan visual spasial; realitas keterampilan menggambar; hubungan antara kecerdasan visual spasial dengan keterampilan menggambar di kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung.penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana data disajikan dalam bentuk numerik dengan menggunakan metode penelitian yang relevan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung yang berjumlah 25 anak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi secara langsung dan dokumentasi. Keabsahan data dianalisis secara deskriptif dengan analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan visual spasial dengan keterampilan menggambar pada subjek. Hal ini ditunjukan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,89 yang berada pada interval koefisien korelasi 0,800 – 1,000. Hasil uji signifikan diperoleh bahwa 9,47 lebih besar dari 2,07 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kontribusi atau pengaruh dari kecerdasan visual spasial dengan keterampilan menggambar adalah sebesar 65% dan 35% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Agustin, Mubiar. (2006). Profil Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini di TK Laboratulium Universitas Pendidikan Indonesia, Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4 No. 2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Yogyakarta: Rineka Cipta.
Hayati T. (2013). Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV Insan Mandiri Musfiroh, Tadkiroatun. (2019). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Universitas Terbuka: Pamulang
Pamadhi, Hajar. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka Rusdarmawan. (2009). Children’s Drawing dalam PAUD . Bantul : Kreasi Wacana. Sefrina, Andin. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo Yudha M Saputra dan Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT