Self-Esteem Development Terhadap Hasil Pembelajaran Mata Kuliah Geometri Dasar Mahasiswa Pendidikan Matematika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan seberapa besar hubungan atau korelasi yang ada antara pengembangan harga diri dan hasil pembelajaran geometri dasar siswa yang belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian korelasional, yang berfokus pada analisis data numerik atau nilai numerik dan diolah menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengembangan harga diri dan hasil pembelajaran mata kuliah geometri dasar pada siswa pendidikan matematika memiliki hubungan atau korelasi yang linear atau searah. Jika harga diri siswa tinggi, hasil pembelajaran geometri dasar mereka cenderung lebih baik. Sebaliknya, jika harga diri siswa rendah, hasil pembelajaran geometri dasar mereka cenderung lebih buruk. Saran untuk penelitian selanjutnya yakni diadakannya penelitian tentang variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil pembelajaran geometri dasar.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. urnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).
Banjarnahor, N., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 173418 Pollung. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), School Education Journal Pgsd Fip Unimed.
Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji normalitas data omzet bulanan pelaku ekonomi mikro desa senggigi dengan menggunakan skewness dan kurtosi. Jurnal Varian, 2(1), 31-36.
Ivoryanto, E., Bambang S., dan RK Illahi. (2017). Hubungan Tingkat Pendidikan Formal Masyarakat terhadap. Pharmaceutical Journal of Indonesia, 2(2), 31-36.
Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nopitasari, D., & Bilda, W. (2019). Asosiasi penalaran spasial dan self esteem mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik datar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 83-88.
Pamungkas, A. S., Setiani, Y., & Pujiastuti, H. (2017). Peranan pengetahuan awal dan self esteem matematis terhadap kemampuan berpikir logis mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 61-68.
Rahimah, N. (. (2017). Keterampilan dasar geometri siswa kelas v dalam menyelesaikan soal bangun datar berdasarkan kemampuan matematika di MI Al Istiqomah Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 55-63.
Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryani, L., Pendi, A., & Seto, S. B. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil pembelajaran Mata Kuliah Geometri Dasar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 17-26.
Usmadi. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas. Inovasi Pendidikan, 7(1).
Vohs, K. D., & Baumeister, R. F. (2016). Handbook of self-regulation: Research, theory, and applications. Guilford Publications.
Wulandari, C., & Efendi, D. (2022). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(6).
Yasdiananda, E. W. (2013). Hubungan antara self esteem dengan asertivitas pada siswa kelas X SMAN 5 Merangin. Jurnal Psikologi, 1(1).
Zahroh, D. A., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 140-148.