Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri Dalam Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Isi Artikel Utama

Rina Febrian
Muhtadin
Miftahul Huda

Abstrak

This study aims to determine the implementation of students in Merdeka Belajar through inquiry learning. The method used in this study is a literature study sourced from research that has been published by previous researchers. The results of this analysis can be concluded that the implementation of the Merdeka Belajar policy can affect student learning achievement because it can give students the right to grow and develop according to their needs and times. Of course, this resquires the role of the teacher to recognize the talents and interests of students so that they can implement Merdeka Belajar. To develop Independent Learning in inquiry learning applied by teachers to students, namely: 1) Planning to carry out inquiry learning; 2) Finding the information (Retrieving) needed; 3) Creating every information that has been obtained; 4) Sharing the information that has been obtained is then conveyed to the audience; 5) Evaluating the inquiry process that has been carried out.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdi Mirzaqon, B. P. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. https://ejournal.unesa.ac.id, 3-4.

Abdullah Sani, R. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Armanto, I. B. (2022). Peran Guru Dalam Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa di Era Pandemic Covid-19. Prosiding Pendidikan Dasar, 307-309.

Ayub. (2020). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Berembang Muaro Jambi. Skripsi diterbitkan http://repository.uinjambi.ac.id/5691/. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Chaeruman, U. A. (2018). Pedati: Model Desain Sistem Pembelajaran Blended . https://www.researchgate.net/publication/340377353.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Education. Volume 7, No. 3, 2021, pp. 1075-1090., 1079.

Darmadi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Fisher, S. e. (2001). Mengelola Konflik; Keterampilan & Strategi Untuk Bertindak. Jakarta: The British Council, Indonesia, .

Janita, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Ma’arif Tritunggal Lampung Timur. Skripsi diterbitkan http://repository.radenintan.ac.id/12250/ Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Joyce, B. a. (1980). Models of Teaching (Second Edition. Englewood Cliffs: New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kemendikbud. (2020). Buku Saku Merdeka Belajar, Prinsip dan Implementasi pada Jenjang Pendidikan SMA. tanpa.kota: dari artikel internet. http://repositori.kemdikbud.go.id/20029/.

Kurnawan, Y. (2020). Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Lembaga Kursus Kelas Anak-Anak. Prosiding Seminar Nasional, 104-105.

Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal . Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad Yamin, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol 6. No. 1. April. 2020, 127.

Muliana, A. R. (2018). Model Pembelajaran Inovatif. Journal of Pedagogy, Volume 1, Number 1, 2018: 54-64 .

Nazir. (1998). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Safrudin, I. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII DI MTs Madinatunnajah Kota Cirebon. Skripsi diterbitkan https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/571 Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam, IAI Bunga Bangsa Cirebon

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, M. (tanpa.tahun). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 43.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Thabroni, G. (2021, Februari 5). Retrieved from https://serupa.id/metode-penelitian/