Sinergitas Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Bersama Guru Bimbingan Dan Konseling
Isi Artikel Utama
Abstrak
This study aims to determine the perspective of students as prospective teachers in the field of Islamic Religius Education in solving student problems together with counseling teachers or school counselors. In this study, the authors used a qualitative approach, through direct data collection techniques through obeservations during Islamic guidance and counseling lectures and interviews with students. The research subject were Islamic Religious Education Students, Muhammadiyah University, Jakarta, South Tangerang City. The data collection technique used is interviews. The validity of data using triangulation. The data analysis techniques was carried out by going through the stages of data reduction, data presentation, and withdrawal. Based on the results of the study, it can be seen that students as prospective teachers in the field of Islamic Religious Education have a perspective on how to overcome student problems together with guidance and counseling teachers or school counselor after attending Islamic guidance and counseling courses that teachers in the field of Religious Education help in various programs Guidance and Counseling service have duties and roles in helping students overcome problems such as: violation
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Adi, Didik Setia, 2021 Artikel untukmu Guruku Mengatasi Masalah Peserta didik Di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu- guruku/2021/01/06/mengatasi-masalah-peserta didik-di-sekolah-melalui-layanan- bimbingan-dan-konseling/ diakses tanggal 17 maret 2022.
Farozin, Muh. Dkk. 2017. Identifikasi Permasalahan Perancangan Program Bimbingan Dan Konseling Pada Guru Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Volume 10, Nomor 1, Maret 2017.
Happyanie, Sinta Wulan, 2020. Hubungan Antara Tingkat Pemahaman Multibudaya Dengan Keterampilan Konselor Dalam Layanan Konseling Individual. Jurnal BK UNESA, Vol 11 No 1. (2020).
Izma Faara Infasi 2018. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dengan Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Permasalahan Peserta didik Kelas Xi Di SMA MtA Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Dindin Jamaluddin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, Epa Paujiah. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.
Lia Utari, Kurniawan, Irwan Fathurrochman. 2020. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. JOEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 3, Nomor 1, Juni 2020 e-ISSN : 2614-8617 p-ISSN : 2620-7346.
Lusiyana ayu, Rohman Fatkhur, Rohim saifur, 2018. Peran Bimbingan Konseling Berbasis Tiga Pilar (Guru, Orang Tua, dan Lingkungan Masyarakat) dalam Pembentukan Akhlakhul Karimah Peserta didik di MA Nurul Huda Kabupaten OKU Timur. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 3 Nomor 2, Halaman 1-77, Juli-Desember 2018 RISTEKDIK P-ISSN: 2527-4244, E-ISSN : 2541-206X.
Marisa, Cindy. 2020. Gambaran Motivasi Belajar Pada Peserta didik Generasi Z Dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Vol.17 No 2, 21-32. Universitas Indraprasta PGRI.
Nasih Munjid Ahmad dan Kholidah Nur Lilik. 2013. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PR Refika Aditama.
Nata Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Nurihsan Juntika. 2010. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
Prasetiya Bayu. 2013. Kompetensi Kepribadian Guru PAI Dalam Memotivasi Belajar Siswa. Edukasi, Volume 01, Nomor 02, Des2013: 225-238.
Purwaningsih Heni. 2021. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Melayani Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid 19. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, No.1 Vol 1. Februari Tahun 2021.
Puspita, D. Amalia, R. 2020. Kordinasi Bimbingan Konseling Dengan Guru Bidang Study Menghadapi Peserta didik Berkesulitan Belajar Matematika. Vol 2 No 2, 1-7. Universitas Islam Sultan Syarif Kasim, Riau Pekan Baru.
Rahmawati Novi R., Sabiila Z. Izazi, Nailul Muna, Ulfatun Ni’mah, Tanya Fawzi. 2020. Bentuk Kolaborasi Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Guru Mata Pelajaran Dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik. al-Tazkiah, Volume 9 No. 2, Desember 2020.
Sapto Irawan, Herwina Meylani. 2020. Persepsi Guru Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Setya Widya Vol XXXVI No. 2, 88. E-ISSN: 2549-967X.
Sari Dwi Fitria. 2017. Skripsi Pemahaman Guru Mata Pelajaran Tentang Perannya Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sma Se-Kecamatan Ambarawa Tahun 2016/2017. Skripsi: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Sariningsih Ratna dan Purwasih Ratni. 2017. Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Maret 2017 Vol. 1, No. 1, Hal.163.
Sutirna. 2019. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal. Yogyakarta: Andi Offset.
Yuhana Asep Nanang. 2019. Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Jawa Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 7, No. 1, 2019 DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357 p-ISSN: 2339-1413 e-ISSN: 2621-8275 http://riset-iaid.net/index.php/jppi.
Yusuf, Syamsu dan Nurihsan Juntika 2016. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yusuf, Syamsu. 2017. Bimbingan dan Konseling Perkembangan Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT. Refika Aditama.