Penggunaan Aplikasi Matematis dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Matematika merupakan mata pelajaran yang diberikan di setiap jenjang pendidikan dengan tujuan agar siswa dapat berpikir secara logis, analitis, sistematis, dan kritis. Namun matematika masih dianggap momok yang menakutkan oleh sebagian siswa dikarenakan pembelajarannya yang abstrak dan komples. Seiring perkembangan zaman, banyak aplikasi-aplikasi matematis yang dikembangkan pihak ketika untuk membantu para siswa agar lebih mudah dalam memahami ilmu matematika. Namun pada kenyataanya, masih banyak siswa yang masi tertinggal dalam mengikuti perkembangan zaman dikarenakan faktor finansial dan yang lainnya, mengakibatkan pemahaman mereka akan perkembangan aplikasi matematis tertinggal dan membuat pembelajaran matematika yang sudah semakin mudah kembali pada pemahaman awalnya yang susah dan rumit. Padahal jika dilakukan penelitian, Perkembangan aplikasi matematis ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar seorang siswa.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Abidin Achmad, Z., Ida, R., Program Doktor Ilmu Sosial, M., & Airlangga, U. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian. In The Journal Of Society & Media (Vol. 2, Issue 2). Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jsm/Index
Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika (Issue 1).
Aprianto, A., Nessyana Debataraja, N., Imro, N., & Intisari, Ah. (2020). Metode Cochrane-Orcutt Untuk Mengatasi Autokorelasi Pada Estimasi Parameter Ordinary Least Squares (Vol.
, Issue 1).
Azizah, I. N., Arum, P. R., & Wasono, R. (2020). Model Terbaik Uji Multikolinearitas Untuk Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi Di Kabupaten Blora Tahun 2020 The Best Model For
Multicollinearity Test To Analyze Rice Production’s Factors In Blora Regency On 2020.
Bermana Sakti Gumilar, C., & Nia Sania Effendi, K. (N.D.). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Web Google-Sites Materi Statistika Pada Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 8(1), 9–18. Https://Doi.Org/10.37058/Jp3m.V8i1.4445
Darna Nana, H. E. (2018). MEMILIH METODE PENELITIAN YANG TEPAT: BAGI PENELITIAN BIDANG ILMU
MANAJEMEN. Https://Jurnal.Unigal.Ac.Id/Index.Php/Ekonologi
Evarist Longa Guru Matematika SMA Negeri, A. (N.D.). Nomor 2 Tahun 2021 Halaman 49-57 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning In Faculty Of Education. In JOTE (Vol. 2).
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. BPR Bank Jombang. 50–66.
Firdausy Farah Amalia, I. R. (2023). PERBANDINGAN UJI GLEJSER DAN UJI PARK DALAM MENDETEKSI HETEROSKEDASTISITAS PADA ANGKA KEMATIAN IBUDI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2020. JURNAL NERS, 7, 793–796.
Mujahidin Anwar. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.
Quraisy Andi. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov Dan Saphiro-Wilk. 3, 7–11.
Rosiyanti, H., Astriyani, A., Liani, F., & Matematika, P. P. (N.D.). PEMANFAATAN APLIKASI GEOGEBRA BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI JAKARTA SELATAN UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) (Vol. 8, Issue 2).
Sudihartinih, E., Wilujeng, S., & Rachmatin, D. (2021). DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TOPIK FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) BERBASIS APLIKASI SCRATCH. Jurnal Pendidikan Matematika
Universitas Lampung, 9(4), 456–466. Https://Doi.Org/10.23960/Mtk/V9i4.Pp456-466
Unaenah, E., Rahman Setyadi, A., Sari, P. W., Fauziah El-Abida, S., Agustina, N., Fauziah, S., & Leonardho, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Tentang Pengukuran Waktu, Panjang Dan Berat Untuk Sekolah Dasar. In Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains (Vol. 2, Issue 1). Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Edisi
Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249.