Pengaruh Self Confidence terhadap Hasil Belajar Statistika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika

Isi Artikel Utama

Santika Santika
 Aulia Sari Putri
Hamdan Sugilar

Abstrak

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar yaitu self confidence. Hasil belajar bisa dilihat dari nilai akhir suatu bidang studi yang menunjukkan rata-rata keseluruhan nillai atau hasil selama satu semester dan merupakan sebuah cerminan seluruh capaian pada saat proses kegiatan pembelajaran. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu adakah pengaruh self confidence terhadap hasil belajar atau capaian prestasi mahasiswa program studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020 dan seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menyebarkan angket serta pengumpulan transkip nilai Mata Kuliah Statistika Penelitian Pendidikan. Hasil respon mahasiwa kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan dengan pengujian analisis regresi sederhana berbantuan aplikasi Stata dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara self confidence dengan hasil belajar dengan perolehan signifikansi 0,028 < 0,05. Selain itu diperoleh nilai R-Squared sebesar 0,134.  Hal tersebut menunjukkan bahwa self confidence berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 13,4% sedangkan 86,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Santika Santika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Pendidikan Matematika

 Aulia Sari Putri, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Pendidikan Matematika

Hamdan Sugilar, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika

Referensi

Bella, M M, and L W Ratna. 2018. "Perlaku Malas Belajar Mahasiswa di Lingkungan Kampus Universitas Trunojoyo Madura." Competence: Journal of Management Studies 123-132.

Dimyati, D, and M Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Endratno, Hermin, and Hengky Widhiandono. 2017. "Pengaruh Inovativeness, Kebutuhan Akan Prestasi, Locus Of Control, Risk Taking Propensity dan Self Confidence Terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto." SENDI_U. Semarang: UNISBANK. 561-568.

Hakim, T. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Purwa Swara.

Hasbullah. 2014. "Pengaruh Metode Belajar dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa." AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan 134.

Hendriana, H, and dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lauster, P. 1990. Personality test Alih Bahasa D. H Gulo. Jakarta: Bumi Aksara.

Malinda, Pamila, and Eva Dwi Minarti. 2018. "Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP." Jurnal Pendidikan Tambusai 1829-1837.

Mawaddah, Nurul, Syahrilfuddin, and Eddy Noviana. 2020. "Hubungan Antara Self Confidence dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 136 Pekanbaru." Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 261-274.

Perdana, Fani Juliyanto. 2019. "Pentingnya Kepercayaan Diri dan Motivasi Sosial dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar." Jurnal Edueksos 70-87.

Ramadhani, T N, F G Putriani, F Psikologi, and U S Tamansiswa. 2014. "Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Citra Diri Pada Remaja Akhir." 22-32.

Romiati, Neng Lia, and Rusman Frendika. 2022. "Pengaruh Self Confidence Terhadap Prestasi Kerja Karyawan." Business and Management. Bandung: Bandung Conference Series. 497-506.

Santoso, Joseph Teguh. 2022. Tidak Punya Tujuan yang Jelas, Jangan Harap Bisa Sukses. Juni 14. https://stekom.ac.id/artikel/tidak-punya-tujuan-yang-jelas-jangan-harap-bisa-sukses.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. . Bandung: Alfabeta.

Syam, Asrullah, and Amri. 2017. "Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare)." Jurnal Biotek 87-102.

Wahab, Rahmalina. 2015. Psikologi Pendidikan. Palembang: Grafika Telindopress.

Yonatan, Agnes Z. 2022. Canggung Adalah: Arti dan Tips Bagaimana Mengatasinya. November 25. https:www.detik.com/bali/berita/d-6425754/canggung-adalah-arti-dan-tips-bagaimana-mengatasinya.